Senin, 26 Oktober 2009

Hanya Kalimantan yang Bebas Gempa!

Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Gelologi (PVMBG) menyatakan gempa tektonik berskala tinggi dan menengah, masih akan terus terjadi di seluruh wilayah Indonesia, kecuali Kalimantan.

Kepala PVMBG Surono, Minggu (25/10), mengatakan meski gerakan tanah akibat pergerakan lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah lempeng Eurasia itui sulit diprediksi, namun akan terus terjadi di sejumlah wilayah. "Kecuali Kalimantan, seluruh wilayah di Indonesia, termasuk kategori rawan gempa," ujarnya.

Ia mengungkapkan daerah yang paling rawan terjadi gempa dibanding wilayah lain, yaitu Jawa Barat bagian selatan dan Sumatra bagian barat, serta beberapa daerah di Pulau Jawa. "Meski kecil kemungkinan menyebabkan tsunami. Namun, harus tetap diwaspadai," tandas Sorono.

Menurutnya, sumber energi gempa di Jawa Barat dan Sumatra hampir sama. "Hanya saja gempa di Jawa Barat lebih diakibatkan pergerakan lempeng. Sedang di Sumatra Barat dan sekitarnya, akibat aktivitas sesar di lepas pantai sebelah barat, bukan langsung ke aktivitas lempeng," tutur Surono.

Meski demikian, Surono menambahkan bukannya daerah lain, diluar Jawa dan Sumatra tidak perlu diwaspadai. "Kami minta warga untuk memperhatikan himbuan dari pemerintah setempat.

Menurutnya, yang harus diperhatikan, yaitu kondisi dan struktur bangunan pemerintah dan warga yang tidak tahan gempa. "Ini yang harus diperharikan semua pihak, terutama pemerintah. Karena korban tewas sebagian besar akibat tertimpa bangunan yang mudah ambruk saat terjadi gerakan tanah," pintanya.

sumber: detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar